Travel

[Photo Gallery] Hyde Park, Sydney

When in Sydney last year, I always passed Hyde Park whenever I want to go. This medium-sized park seems to be strategically located so citizens and passers by are left with sense of longing to spend their time in this park.

Travel
6

Battling the Other Side of Tourism: Commercialism

A once very traditional and self-supported community, Sasak people today strive against the impact of tourism: commercialism.

Travel

Catatan Diving di Bali, 16 – 18 Agustus 2008

Karena buka diver sejati, jadinya jarang-jarang nulis catatan menyelam. Maklum, kalo di dalam air sering lupa ngelihat apa aja; sibuk pasang bodi sih.

Travel

Indonesia has 219 museums in 26 provinces!

It doesn’t count private museums owned by individuals or institutions. Wow! Have you visited all of them, lately? See the list here.

Travel

[Photo Gallery] Philippine

“Why Philippine?” This question – by a new English friend on a sun-spoilt deck of our banca – was, by no means, sounded logical. With new diving spots constantly discovered in Indonesia, I had to give up the list filled by mostly Indonesian diving spots. There were hardly any rooms …

Travel
2

As Time Goes By; As Feet Walk By; As Boat Passes By

Sungguh beda pelesiran singkat ke Pulau Tidung ini dibandingkan dengan perjalanan lainnya. Nggak ngotot. Nggak banyak syarat. Nggak banyak persiapan. Nggak banyak keinginan: cuma berburu foto dan tidur di antara ikan.

Travel
3

Jalan-jalan – Gak Penting tapi – Menyenangkan di Sindang Barang

“Masih lama nggak?”
“Baru juga masuk”
“Apanya?”
“Gue!”

Obrolan ceplas-ceplos dua orang teman – yang satu ketinggalan celana dalamnya di dalam kamar mandi, satunya lagi keburu jebar-jebur dan basah – yang gak sengaja terdengar ketika saya mandi itu bisa dipastikan akan selalu mengingatkan akan perjalanan senang-senang bersama Jalan Bebas ke Sindang Barang, akhir Mei 2009 lalu.

Lanjut….

Travel

Ngabur di Sindang Barang: Mengisi Batere yang Setengah Penuh

Dihukum lari Semua berasa kecil memang. Namun cerita-cerita “kecil” dari “orang-orang kecil” itu justru yang bikin perjalanan jadi lebih nikmat. Seperti kata seorang pintar yang pernah menghampiri saya dua belas tahun lalu, “lihat ke bawah, kamu akan bersyukur dengan apa yang kamu punya sekarang.”

Travel

Desa Budaya Sindang Barang: Setengah Penuh atau Setengah Kosong?

Gembira Beberapa pertunjukan. Obyek yang bercerita. Tradisi yang dijaga. Peraturan adat yang masih berlaku. Mereka menjadi pagar yang menasbihkan label Kampung Budaya layak bersanding di desa Sindang Barang.